Karya Ilmiah : Menjadi Pengusaha Sukses
Menjadi Pengusaha Sukses
NIM :
10114432
Nama :
Osmartin Pardomuan Siregar
Abstract
Kewirausahaan bukan
merupakan hal yang asing lagi didalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini
seakan sudah menjadi salah satu bagian dari masyarakat yang tak terpisahkan
Daftar
Isi
Bab 1 Pendahuluan
Pada
saat ini dunia wira usaha merupakan hal yang terbuka bagi setiap orang di
dunia. Setiap orang hanya perlu memiliki ide dan kemauan yang kuat untuk
memulai suatu usaha. Jika dua hal itu dapat terpenuhi maka orang tersebut sudah
dapat disebut sebagai seorang Pengusaha atau istilah yang lebih populer untuk
sekarang ialah seorang Entrepreneur.
Bidang usaha pada masa kini sudah memiliki cakupan yang sangat luas, bukan
hanya berdasarkan seseorang yang memiliki toko tertentu maka disebut sebagai
Entrepreneur. Lebih luas dari itu, seorang Entrepreneur adalah orang yang
memiliki pandangan yang luas dalam memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk
dijadikan suatu bisnis yang melibatkan banyak orang dan menghasilkan keuntungan
bagi setiap orang yang terlibat di dalamnya. Contoh kecilnya saja adalah
berjualan online. Seseorang yang melakukan penawaran dan penjualan suatu produk
di media online sudah dapat dikatakan sebagai seorang Entrepreneur. Karena
dalam hal ini Ia melakukan salah satu bentuk kewirausahaan yaitu memasarkan
suatu poduk. Dari hal kecil tersebut kita sudah mulai dapat memahami mengapa
sebutan “semua orang bisa menjadi
seorang Entrepreneur” itu
sering kita dengar. Pada intinya untuk menjadi seorang Entrepreneur yang
diperlukan hanyalah kemauan untuk bertindak. Jika seseorang hanya memiliki ide
bisnis saja namun tidak pernah melakukan action terhadap ide bisnis tersebut
maka kesempatanya untuk menjadi seorang Entrepreneur tentu tidak akan pernah
tercapai. Setelah diketahui bahwa menjadi seorang Entrepreneur itu ternyata
hanya memerlukan ide dan kemauan tetapi kenapa masih banyak orang-orang di
Indonesia pada khususnya masih memiliki kemauan yang kecil untuk menjadi
seorang Entrepreneur ? Hal inilah yang menjadi isu utama maka topik-topik
kewirausahaan sering didengungkan pada akhir-akhir ini dan salah satunya juga
melalui paparan di karya ilmiah ini. Masalah yang dialami banyak orang sehingga
masih ragu untuk memulai pembentukan dirinya untuk menjadi seorang Entrepreneur adalah karena dirinya masih
merasa ragu dengan kemampuan yang dimilikinya dan merasa kurang memiliki
sumber-sumber untuk lebih mengenali Entrepreneurship tersebut. Dengan memiliki
dasar mengenai prinsip-prinsip berwirausaha maka diharapkan akan bangkit para
Entrepreneur-entrepreneur baru yang dapat membantu banyak orang dilingkungannya
bahkan membantu pemerintah dalam mewujudkan kesehahteraan bangsa.
Bab 2 Landasan Teori
Kemajuan suatu Bangsa
dipengaruhi oleh seberapa banyak Entrepreneur atau Pengusaha yang dimiliki
bangsa tersebut dan seberapa besar kontribusi positif yang diberikan para
Entrepreneur bagi perkembangan dan kemajuan Bangsa-nya. Eddy Soeryanto Soegoto
(2014:1)
Salah satu yang menjadi
indikator kemajuan suatu Bangsa adalah seberapa besar peran serta para
Entrepreneur dalam proses aktivitas yang terjadi didalam suatu negara. Hal ini
tentu menimbulkan pertanyaan mengapa Entrepreneur dapat menjadi salah satu
indikator kemajuan. Jawabannya adalah karena suatu Bangsa yang maju pastinya
adalah suatu bangsa yang memiliki kesejahteraan yang nyata dan untuk mencapai
kesejahteraan tersebut maka ia harus memiliki pekerjaan dan penghasilan yang
dapat memenuhi apa yang disebut dengan sejahtera. Mengapa dalam hal ini
Entrepreneur dapat terlibat ? Karena Entrepreneur adalah seorang yang memiliki
suatu sistem bisnis yang terorganisir dengan baik sehingga ia memerlukan
tenaga-tenaga yang membantunya dalam menjalankan peran-peran yang ada dalam
sistem bisnis. Maka dari itu Entrepreneur menciptakan lapangan pekerjaan bagi
banyak orang sehingga membantu negara dalam menyediakan salah satu hak warga
negara yaitu mendapatkan pekerjaan. Dari hal inilah kita sekarang menjadi tahu
bahwa memang Entrepreneur dapat dijadikan salah satu indikator kemajuan suatu
bangsa karena perannya yang memang cukup luas. Oleh karena itu kita harus lebih
sadar lagi untuk berupaya menjadi seorang Entrepreneur yang baik sehingga dapat
lebih banyak lagi membantu orang mendapatkan perkerjaan dan ikut turut berperan
serta dalam mewujudkan kemajuan bangsa. Untuk menjadi seorang Entrepreneur yang
sukses diperlukan beberapa pengetahuan mengenai pribadi yang harus dimiliki
oleh seorang Entrepreneur dan pengetahuan mengenai istilah-istilah yang ada dan
harus dikuasai oleh calon Entrepreneur.
Seorang Entrepeneur harus
memiliki sikap yang dapat membangun dan mengembangkan usaha. Sikap tersebut
dimulai dari kedisiplinan, yaitu sikap yang menjaga ketepatan waktu dalam melaksanakan
agenda-agenda yang dimilikinya, memastikan kualitas pekerjaannya merupakan yang
terbaik yang dapat dilakukannya, memiliki sistem kerja yang baik, dan taat
terhadap kesepakatan yang telah dibuat. Selanjutnya seperti yang dijabarkan
oleh Bapak Eddy Soeryanto Soegoto di dalam buku Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulang bahwa terdapat beberapa hal
yang seharusnya dimiliki oleh Entrepreneur, hal-hal tersebut ialah :
·
Kemampuan Entrepreneur
Untuk menjadi seorang Entrepreneur perlu dibangkitkan di dalam
dirinya suatu jiwa dan kemampuan yang bersifat kreatif dan inovatif. Untuk itu
ia harus memiliki kemampuan :
o Pengetahuan
diri (Self Knowledge), yaitu memiliki pengetahuan tentang usaha yang akan
ditekuni.
o Imajinasi
(Imagination), yaitu memiliki imajinasi, ide dan perspektif serta tidak
mengandalkan sukses masa lalu.
o Pengetahuan
praktis (Practical Knowledge), yaitu memiliki pengetahuan praktis misalnya
pengetahuan teknik, desain, processing, pembukuan, administrasi dan pemasaran.
o Kemampuan
menemukan (Search skill), yaitu kemampuan untuk menemukan dan berkreasi.
o Pandangan
kedepan(Foresight), yaitu berpandangan jauh kedepan.
o Kemampuan
berhitung (Computation skill), yaitu kemampuan berhitung dan kemampuan
memprediksi keadaan masa yang akan datang.
o Kemampuan
berkomunikasi (Communication Skill), yaitu kemampuan untuk berkomunikasi,
bergaul dan berhubungan dengan orang lain.
·
Kompetensi
Selanjutnya pengusaha harus memiliki kompetensi sebagai
berikut :
o Mengetahui
Bisnis Anda (Knowing Your Business), harus mengetahui semua yang terkait dengan
aktivitas bisnis yang akan dilakukan.
o Mengetahui
Dasar Manajemen Bisnis (Knowing The Basic Business Management), yaitu
mengetahui dasar-dasar pengelolaan bisnis, misalnya cara merancang usaha,
mengorganisasikan dan mengendalikan perusahaan.
o Memiliki
Tingkah Laku Yang Pantas (Having Proper Attitude), yaitu memiliki sikap yang
sempurna terhadap usaha yang dilakukannya.
o Memiliki
Modal Yang Memadai (Having Adequate Capital), yaitu memiliki modal yang cukup.
Hal ini tidak hanya menyangkut materi, namun juga rohani. Kepercayaan dan
keteguhan merupakan modal utama dalam usaha.
o Kompetensi
Finansial (Financial Competence), yaitu memiliki kompetensi dalam bidang
keuangan, mengatur pembelian, penjualan, pembukuan dan perhitungan laba/rugi.
o Mangatur
Waktu Secara Efisien (Managing Time Efficiently), yaitu kemampuan mengatur
waktu seefisien mungkin. Mengatur, menghitung dan menepati waktu sesuai
komitmen.
o Mengatur
Sumber Daya Manusia (Managing People), yaitu kemampuan merencanakan, mengatur,
mengarahkan, menggerakkan, dan mengendalikan orang dalam menjalankan
perusahaan.
o Memuaskan
Pelanggan dengan Menyediakan Produk Berkualitas Tinggi (Satisfying Customer by
Providing High Quality Product, yaitu memberi kepuasan kepada pelanggan dengan
cara menyediakan barang dan jasa bermutu, bermanfaat dan memuaskan.
o Mengetahui
Cara Berkompetisi (Knowing How to Compete), yaitu mengetahui strategi untuk
mengungkapkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dirinya dan pesaing.
o Menyalin
dengan Regulasi dan Aturan Kerja (Copying with Regulation and Paperwork), yaitu
membuat aturan yang jelas tersurat dan tidak tersirat di dalam perusahaan.
o Kompetensi
Teknis (Technical Competence), yaitu memiliki kompetensi dalam bidang rancang
bangun sesuai dengan bidang usaha yang akan dipiih
o Kompetensi
Pemasaran (Marketing Competence), yaitu memiliki kompetensi dalam menemukan
pasar yang cocok, mengidentifikasi pelanggan dan menjaga kelangsungan hidup
perusahaan.
o Kompetensi
Hubungan Masyarakat (Human Relation Competence), yaitu kompetensi dalam
menghubungkan hubungan personal, seperti kemampuan berelasi menjali kemitraan
antarperusahaan.
·
Skill yang diperlukan
Adapun keterampilan atau skill yang diperlukan oleh seorang
Entrepreneur adalah
o Keterampilan
teknis (Technical Skill), yaitu keterampilan yang diperlukan untuk melakukan
tugas-tugas khusus, seperti sekretaris, akuntan-auditor, dan ahli gambar.
o Keterampilan
Hubungan Masyarakat (Human Relations Skill), yaitu keterampilan untuk memahami,
mengerti, berkomunikasi dan berelasi dengan orang lain dalam organisasi.
o Keterampilan
Konseptual (Conceptual Skill), yaitu keterampilan personal untuk berpikir
abstrak, untuk mendiagnosis dan untuk menganalisis situasi yang berbeda, dan
melihat situasi luar.
o Keterampilan
Mengambil Keputusan (Decision Making Skill), yaitu keterampilan untuk
merumuskan dan memilih cara bertindak yang terbaik untuk memecahkan suatu
masalah.
o Keterampilan
Manajemen Waktu (Time Management Skill), yaitu keterampilan dalam menggunakan
dan mengatur waktu seefisien dan seproduktif mungkin.
o Keterampilan
Individual dan Tingkah Laku (Individual Skills and Attitudes), yaitu
keterampilan dan sikap individu.
o Pengetahuan
Bisnis (Knowledge of Business), yaitu pengetahuan tentang bisnis yang akan
dimasuki.
o Pembentukan
Tujuan (Establishment of Goal), yaitu kemantapan dalam menentukan tujuan
perusahaan.
o Mengambil
Keuntungan dari Peluang (Take Advantages of the Oppurtunities), yaitu
keunggulan dalam menemukan peluang bisnis.
o Beradaptasi
Terhadap Perubahan (Adapt to The Change), yaitu kemampuan untuk beradaptasi
dengan perubahan.
o Meminimalkan
Ancaman Bisnis (Minimize The Threats to Business), yaitu kemampuan untuk
meminimalkan ancaman terhadap perusahaan.
·
Faktor pada Entrepreneur
Faktor-faktor yang harus ada pada diri seorang Entrepreneur
adalah :
o Kreativitas
(The Creativity), adalah sesuatu yang menghasilkan sesuatu yang baru sehingga
menambahkan nilainya.
o Komitmen
(The Commitment), adalah kepemilikan yang tinggi terhadap komitmen untuk
mencapai dan menghasilkan di waktu dan usaha yang ada.
o Risiko
(The Risk), adalah kesiapan untuk menghadapi risiko yang mungkin timbul, baik
risiko keuangan, fisik maupun risiko sosial.
o Penghargaan
(The Reward), penghargaan yang utama
adalah independensi atau kebebasan yang diikuti dengan kepuasan pribadi.
Selanjutnya istilah-istilah dan hal-hal yang harus dimiliki
oleh seorang Entrepreneur adalah pengetahuan-pengetahuan mengenai :
1. Aktivitas
Bisnis
2. Memulai
Bisnis
3. Mengelola
Bisnis
4. Strategi
Pemasaran
5. Mengelola
Keuangan Usaha
6. Produk
dan Penetapan Harga
7. Distribusi
Produk
8. Mempromosikan
Produk
9. Mengelola
Sumber Day Manusia
10. Memimpin
dan Memotivasi Karyawan
11. Organisasi
dan Kerja Sama Tim
12. Manajemen
Risiko
13. Goog
Corporate Governance
14.
Etika Bisnis
Bab 3 Pembahasan
Seorang
Entrepreneur yang sukses adalah seseorang yang mampu memberi dampak positif
bagi lingkungan usaha yang dijalankannya. Dampak positif itu bukan hanya berupa
keuntungan perusahaan secara pribadi, tetapi juga dampak positif yang
mempengaruhi cara kerja para karyawannya dan kualitas produk-produk yang
dihasilkan perusahaan tersebut sesuai bidang yang dikerjakan. Untuk dapat
mencapai dampak positif tersebut maka seorang Entrepreneur perlu untuk memahami
beberapa hal yang dapat membantunya dalam menjalankan perusahaan dengan baik.
Hal tersebut ialah prinsip-prinsip, pedoman atau strategi-strategi untuk
menjalankan sesuatu yang disebut kewirausahaan atau perusahaan jika dalam
bentuk fisiknya.
Ø Aktivitas Bisnis
Ø Memulai Bisnis
Ø Memulai Bisnis
Ø Mengelola Bisnis
Ø Strategi Pemasaran
Ø Mengelola Keuangan Usaha
Ø Produk dan Penetapan Harga
Ø Distribusi Produk
Ø Mempromosikan Produk
Ø Mengelola Sumber Day Manusia
Ø Memimpin dan Memotivasi Karyawan
Ø Organisasi dan Kerja Sama Tim
Ø Manajemen Risiko
Ø Good Corporate Governance
Ø Etika Bisnis
Bab 4 Kesimpulan
Kewirausahaan
bukan merupakan hal yang asing lagi didalam kehidupan bermasyarakat. Hal
ini seakan sudah menjadi salah satu bagian dari masyarakat yang tak
terpisahkan. Oleh karena itu mempelajari bagaimana agar menjadi seorang
Entrepreneur yang sukses didalam berwirausaha sudah merupakan suatu kepastian
agar dapat memahami bagaimana suatu proses wirausaha itu dijalankan. Agar
nantinya perusahaan yang dijalankan dapat berlangsung lama dan memperdayakan
para karyawan sesuai prinsip-prinsip yang ada. Dengan bangkitnya para
Entrepreneur-entrepneur yang memiliki pandangan dan prinsip yang benar maka hal
ini akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan masyarakat dan pada
akhirnya dapat ikut menyejahterakan rakyat.
Daftar Pustaka
Tren Kepemimpinan
Kewirausahaan dan Manajemen Inovatif di Era Bisnis Modern, CV. Andi Offset
1, 448, 2017; Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto.
Entrepreneurship
Menjadi Pebisnis Ulung, Edisi Revisi, Elexmedia Komputindo, 2015, Dr. Ir.
Eddy Soeryanto Soegoto;
Membangun Sinergisitas
Kinerja Pemasaran, Gava Media, 2008, Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto.
Makasih
BalasHapus