Karya Ilmiah : Menjadi Pengusaha Sukses



Menjadi Pengusaha Sukses


NIM : 10114432
Nama : Osmartin Pardomuan Siregar
Abstract
Kewirausahaan bukan merupakan hal yang asing lagi didalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini seakan sudah menjadi salah satu bagian dari masyarakat yang tak terpisahkan


Daftar Isi



Bab 1 Pendahuluan


                Pada saat ini dunia wira usaha merupakan hal yang terbuka bagi setiap orang di dunia. Setiap orang hanya perlu memiliki ide dan kemauan yang kuat untuk memulai suatu usaha. Jika dua hal itu dapat terpenuhi maka orang tersebut sudah dapat disebut sebagai seorang Pengusaha atau istilah yang lebih populer untuk sekarang ialah seorang Entrepreneur. Bidang usaha pada masa kini sudah memiliki cakupan yang sangat luas, bukan hanya berdasarkan seseorang yang memiliki toko tertentu maka disebut sebagai Entrepreneur. Lebih luas dari itu, seorang Entrepreneur adalah orang yang memiliki pandangan yang luas dalam memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk dijadikan suatu bisnis yang melibatkan banyak orang dan menghasilkan keuntungan bagi setiap orang yang terlibat di dalamnya. Contoh kecilnya saja adalah berjualan online. Seseorang yang melakukan penawaran dan penjualan suatu produk di media online sudah dapat dikatakan sebagai seorang Entrepreneur. Karena dalam hal ini Ia melakukan salah satu bentuk kewirausahaan yaitu memasarkan suatu poduk. Dari hal kecil tersebut kita sudah mulai dapat memahami mengapa sebutan semua orang bisa menjadi seorang Entrepreneur itu sering kita dengar. Pada intinya untuk menjadi seorang Entrepreneur yang diperlukan hanyalah kemauan untuk bertindak. Jika seseorang hanya memiliki ide bisnis saja namun tidak pernah melakukan action terhadap ide bisnis tersebut maka kesempatanya untuk menjadi seorang Entrepreneur tentu tidak akan pernah tercapai. Setelah diketahui bahwa menjadi seorang Entrepreneur itu ternyata hanya memerlukan ide dan kemauan tetapi kenapa masih banyak orang-orang di Indonesia pada khususnya masih memiliki kemauan yang kecil untuk menjadi seorang Entrepreneur ? Hal inilah yang menjadi isu utama maka topik-topik kewirausahaan sering didengungkan pada akhir-akhir ini dan salah satunya juga melalui paparan di karya ilmiah ini. Masalah yang dialami banyak orang sehingga masih ragu untuk memulai pembentukan dirinya untuk menjadi seorang Entrepreneur adalah karena dirinya masih merasa ragu dengan kemampuan yang dimilikinya dan merasa kurang memiliki sumber-sumber untuk lebih mengenali Entrepreneurship tersebut. Dengan memiliki dasar mengenai prinsip-prinsip berwirausaha maka diharapkan akan bangkit para Entrepreneur-entrepreneur baru yang dapat membantu banyak orang dilingkungannya bahkan membantu pemerintah dalam mewujudkan kesehahteraan bangsa.











Bab 2 Landasan Teori


                Kemajuan suatu Bangsa dipengaruhi oleh seberapa banyak Entrepreneur atau Pengusaha yang dimiliki bangsa tersebut dan seberapa besar kontribusi positif yang diberikan para Entrepreneur bagi perkembangan dan kemajuan Bangsa-nya. Eddy Soeryanto Soegoto (2014:1)
                Salah satu yang menjadi indikator kemajuan suatu Bangsa adalah seberapa besar peran serta para Entrepreneur dalam proses aktivitas yang terjadi didalam suatu negara. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan mengapa Entrepreneur dapat menjadi salah satu indikator kemajuan. Jawabannya adalah karena suatu Bangsa yang maju pastinya adalah suatu bangsa yang memiliki kesejahteraan yang nyata dan untuk mencapai kesejahteraan tersebut maka ia harus memiliki pekerjaan dan penghasilan yang dapat memenuhi apa yang disebut dengan sejahtera. Mengapa dalam hal ini Entrepreneur dapat terlibat ? Karena Entrepreneur adalah seorang yang memiliki suatu sistem bisnis yang terorganisir dengan baik sehingga ia memerlukan tenaga-tenaga yang membantunya dalam menjalankan peran-peran yang ada dalam sistem bisnis. Maka dari itu Entrepreneur menciptakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang sehingga membantu negara dalam menyediakan salah satu hak warga negara yaitu mendapatkan pekerjaan. Dari hal inilah kita sekarang menjadi tahu bahwa memang Entrepreneur dapat dijadikan salah satu indikator kemajuan suatu bangsa karena perannya yang memang cukup luas. Oleh karena itu kita harus lebih sadar lagi untuk berupaya menjadi seorang Entrepreneur yang baik sehingga dapat lebih banyak lagi membantu orang mendapatkan perkerjaan dan ikut turut berperan serta dalam mewujudkan kemajuan bangsa. Untuk menjadi seorang Entrepreneur yang sukses diperlukan beberapa pengetahuan mengenai pribadi yang harus dimiliki oleh seorang Entrepreneur dan pengetahuan mengenai istilah-istilah yang ada dan harus dikuasai oleh calon Entrepreneur.
                Seorang Entrepeneur harus memiliki sikap yang dapat membangun dan mengembangkan usaha. Sikap tersebut dimulai dari kedisiplinan, yaitu sikap yang menjaga ketepatan waktu dalam melaksanakan agenda-agenda yang dimilikinya, memastikan kualitas pekerjaannya merupakan yang terbaik yang dapat dilakukannya, memiliki sistem kerja yang baik, dan taat terhadap kesepakatan yang telah dibuat. Selanjutnya seperti yang dijabarkan oleh Bapak Eddy Soeryanto Soegoto di dalam buku Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulang bahwa terdapat beberapa hal yang seharusnya dimiliki oleh Entrepreneur, hal-hal tersebut ialah :
·         Kemampuan Entrepreneur
Untuk menjadi seorang Entrepreneur perlu dibangkitkan di dalam dirinya suatu jiwa dan kemampuan yang bersifat kreatif dan inovatif. Untuk itu ia harus  memiliki kemampuan :
o   Pengetahuan diri (Self Knowledge), yaitu memiliki pengetahuan tentang usaha yang akan ditekuni.
o   Imajinasi (Imagination), yaitu memiliki imajinasi, ide dan perspektif serta tidak mengandalkan sukses masa lalu.
o   Pengetahuan praktis (Practical Knowledge), yaitu memiliki pengetahuan praktis misalnya pengetahuan teknik, desain, processing, pembukuan, administrasi dan pemasaran.
o   Kemampuan menemukan (Search skill), yaitu kemampuan untuk menemukan dan berkreasi.
o   Pandangan kedepan(Foresight), yaitu berpandangan jauh kedepan.
o   Kemampuan berhitung (Computation skill), yaitu kemampuan berhitung dan kemampuan memprediksi keadaan masa yang akan datang.
o   Kemampuan berkomunikasi (Communication Skill), yaitu kemampuan untuk berkomunikasi, bergaul dan berhubungan dengan orang lain.

·         Kompetensi
Selanjutnya pengusaha harus memiliki kompetensi sebagai berikut :
o   Mengetahui Bisnis Anda (Knowing Your Business), harus mengetahui semua yang terkait dengan aktivitas bisnis yang akan dilakukan.
o   Mengetahui Dasar Manajemen Bisnis (Knowing The Basic Business Management), yaitu mengetahui dasar-dasar pengelolaan bisnis, misalnya cara merancang usaha, mengorganisasikan dan mengendalikan perusahaan.
o   Memiliki Tingkah Laku Yang Pantas (Having Proper Attitude), yaitu memiliki sikap yang sempurna terhadap usaha yang dilakukannya.
o   Memiliki Modal Yang Memadai (Having Adequate Capital), yaitu memiliki modal yang cukup. Hal ini tidak hanya menyangkut materi, namun juga rohani. Kepercayaan dan keteguhan merupakan modal utama dalam usaha.
o   Kompetensi Finansial (Financial Competence), yaitu memiliki kompetensi dalam bidang keuangan, mengatur pembelian, penjualan, pembukuan dan perhitungan laba/rugi.
o   Mangatur Waktu Secara Efisien (Managing Time Efficiently), yaitu kemampuan mengatur waktu seefisien mungkin. Mengatur, menghitung dan menepati waktu sesuai komitmen.
o   Mengatur Sumber Daya Manusia (Managing People), yaitu kemampuan merencanakan, mengatur, mengarahkan, menggerakkan, dan mengendalikan orang dalam menjalankan perusahaan.
o   Memuaskan Pelanggan dengan Menyediakan Produk Berkualitas Tinggi (Satisfying Customer by Providing High Quality Product, yaitu memberi kepuasan kepada pelanggan dengan cara menyediakan barang dan jasa bermutu, bermanfaat dan memuaskan.
o   Mengetahui Cara Berkompetisi (Knowing How to Compete), yaitu mengetahui strategi untuk mengungkapkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dirinya dan pesaing.
o   Menyalin dengan Regulasi dan Aturan Kerja (Copying with Regulation and Paperwork), yaitu membuat aturan yang jelas tersurat dan tidak tersirat di dalam perusahaan.
o   Kompetensi Teknis (Technical Competence), yaitu memiliki kompetensi dalam bidang rancang bangun sesuai dengan bidang usaha yang akan dipiih
o   Kompetensi Pemasaran (Marketing Competence), yaitu memiliki kompetensi dalam menemukan pasar yang cocok, mengidentifikasi pelanggan dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan.
o   Kompetensi Hubungan Masyarakat (Human Relation Competence), yaitu kompetensi dalam menghubungkan hubungan personal, seperti kemampuan berelasi menjali kemitraan antarperusahaan.
·         Skill yang diperlukan
Adapun keterampilan atau skill yang diperlukan oleh seorang Entrepreneur adalah
o   Keterampilan teknis (Technical Skill), yaitu keterampilan yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas khusus, seperti sekretaris, akuntan-auditor, dan ahli gambar.
o   Keterampilan Hubungan Masyarakat (Human Relations Skill), yaitu keterampilan untuk memahami, mengerti, berkomunikasi dan berelasi dengan orang lain dalam organisasi.
o   Keterampilan Konseptual (Conceptual Skill), yaitu keterampilan personal untuk berpikir abstrak, untuk mendiagnosis dan untuk menganalisis situasi yang berbeda, dan melihat situasi luar.
o   Keterampilan Mengambil Keputusan (Decision Making Skill), yaitu keterampilan untuk merumuskan dan memilih cara bertindak yang terbaik untuk memecahkan suatu masalah.
o   Keterampilan Manajemen Waktu (Time Management Skill), yaitu keterampilan dalam menggunakan dan mengatur waktu seefisien dan seproduktif mungkin.
o   Keterampilan Individual dan Tingkah Laku (Individual Skills and Attitudes), yaitu keterampilan dan sikap individu.
o   Pengetahuan Bisnis (Knowledge of Business), yaitu pengetahuan tentang bisnis yang akan dimasuki.
o   Pembentukan Tujuan (Establishment of Goal), yaitu kemantapan dalam menentukan tujuan perusahaan.
o   Mengambil Keuntungan dari Peluang (Take Advantages of the Oppurtunities), yaitu keunggulan dalam menemukan peluang bisnis.
o   Beradaptasi Terhadap Perubahan (Adapt to The Change), yaitu kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan.
o   Meminimalkan Ancaman Bisnis (Minimize The Threats to Business), yaitu kemampuan untuk meminimalkan ancaman terhadap perusahaan.

·         Faktor pada Entrepreneur
Faktor-faktor yang harus ada pada diri seorang Entrepreneur adalah :
o   Kreativitas (The Creativity), adalah sesuatu yang menghasilkan sesuatu yang baru sehingga menambahkan nilainya.
o   Komitmen (The Commitment), adalah kepemilikan yang tinggi terhadap komitmen untuk mencapai dan menghasilkan di waktu dan usaha yang ada.
o   Risiko (The Risk), adalah kesiapan untuk menghadapi risiko yang mungkin timbul, baik risiko keuangan, fisik maupun risiko sosial.
o   Penghargaan (The Reward),  penghargaan yang utama adalah independensi atau kebebasan yang diikuti dengan kepuasan pribadi.

Selanjutnya istilah-istilah dan hal-hal yang harus dimiliki oleh seorang Entrepreneur adalah pengetahuan-pengetahuan mengenai :
1.       Aktivitas Bisnis
2.       Memulai Bisnis
3.       Mengelola Bisnis
4.       Strategi Pemasaran
5.       Mengelola Keuangan Usaha
6.       Produk dan Penetapan Harga
7.       Distribusi Produk
8.       Mempromosikan Produk
9.       Mengelola Sumber Day Manusia
10.   Memimpin dan Memotivasi Karyawan
11.   Organisasi dan Kerja Sama Tim
12.   Manajemen Risiko
13.   Goog Corporate Governance
14.   Etika Bisnis





























Bab 3 Pembahasan

                Seorang Entrepreneur yang sukses adalah seseorang yang mampu memberi dampak positif bagi lingkungan usaha yang dijalankannya. Dampak positif itu bukan hanya berupa keuntungan perusahaan secara pribadi, tetapi juga dampak positif yang mempengaruhi cara kerja para karyawannya dan kualitas produk-produk yang dihasilkan perusahaan tersebut sesuai bidang yang dikerjakan. Untuk dapat mencapai dampak positif tersebut maka seorang Entrepreneur perlu untuk memahami beberapa hal yang dapat membantunya dalam menjalankan perusahaan dengan baik. Hal tersebut ialah prinsip-prinsip, pedoman atau strategi-strategi untuk menjalankan sesuatu yang disebut kewirausahaan atau perusahaan jika dalam bentuk fisiknya.

Ø  Aktivitas Bisnis

Ø  Memulai Bisnis

Ø  Memulai Bisnis

Ø  Mengelola Bisnis

Ø  Strategi Pemasaran

Ø  Mengelola Keuangan Usaha

Ø  Produk dan Penetapan Harga

Ø  Distribusi Produk

Ø  Mempromosikan Produk

Ø  Mengelola Sumber Day Manusia

Ø  Memimpin dan Memotivasi Karyawan

Ø  Organisasi dan Kerja Sama Tim

Ø  Manajemen Risiko

Ø  Good Corporate Governance

Ø  Etika Bisnis

 


                 







Bab 4 Kesimpulan

                Kewirausahaan bukan merupakan hal yang asing lagi didalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini seakan sudah menjadi salah satu bagian dari masyarakat yang tak terpisahkan. Oleh karena itu mempelajari bagaimana agar menjadi seorang Entrepreneur yang sukses didalam berwirausaha sudah merupakan suatu kepastian agar dapat memahami bagaimana suatu proses wirausaha itu dijalankan. Agar nantinya perusahaan yang dijalankan dapat berlangsung lama dan memperdayakan para karyawan sesuai prinsip-prinsip yang ada. Dengan bangkitnya para Entrepreneur-entrepneur yang memiliki pandangan dan prinsip yang benar maka hal ini akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan masyarakat dan pada akhirnya dapat ikut menyejahterakan rakyat.























 




Daftar Pustaka


Tren Kepemimpinan Kewirausahaan dan Manajemen Inovatif di Era Bisnis Modern, CV. Andi Offset 1, 448, 2017; Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto.

Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung, Edisi Revisi, Elexmedia Komputindo, 2015, Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto;
   
Membangun Sinergisitas Kinerja Pemasaran, Gava Media, 2008, Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer