Naik Angkutan Umum Lebih Praktis dengan Smartphone

Memanfaatkan transportasi umum seperti bus dan kereta seringkali menemukan hambatannya sendiri. Ruwetnya jalur bus dan jadwal kereta api seringkali membuat kita kebingungan dan membuang waktu.
Ilustrasi/PCINpact
Sebagian dari kita mungkin akan kesulitan jika harus menghapalkan semua jalur yang harus ditempuh untuk mencapai tempat tujuan; entah itu rute ketika berjalan kaki maupun saat harus menggunakan angkutan umum.

Jjika Anda pengguna setia smartphone Nokia, ada aplikasi terbaru yang bisa diandalkan ketika menghadapi situasi di atas. Download saja aplikasi Nokia Transport dari Marketplace secara gratis, dan Anda bisa mengetahui jalur-jalur yang direkomendasikan oleh sistem berdasarkan posisi Anda saat ini. Hebatnya, aplikasi ini bahkan mengetahui bus apa saja yang harus dinaiki untuk mencapai tempat tujuan.

Nokia Transport menampilkannya dengan visualisasi yang jelas, memandu Anda dalam perjalanan ke mana saja asalkan masih dalam satu kota yang sama. Informasinya pun cukup lengkap mulai dari waktu perjalanan yang harus ditempuh, berapa jarak halte atau stasiun terdekat yang harus disambangi, hingga perkiraan waktu tiba di tempat tujuan. Sehingga, jika Anda memiliki janji temu makan siang, misalnya, Anda bisa mengatakan kepada teman atau kerabat, kira-kira jam berapa tiba di sana.

Setidaknya saat ini Nokia Transport sudah mendukung lebih dari 100 kota dan desa. Untuk Indonesia sendiri, hanya wilayah Jakarta yang sudah didukung. Satu hal yang masih kurang, tidak ada perkiraan waktu tiba di tempat tujuan seperti pada kota lain. Mungkin ini akibat sulitnya memprediksi waktu tempuh bus atau angkutan umum lainnya.

Bagi pengguna Android, malah memiliki alternatif yang lebih banyak. Anda dapat mencoba Kommuta, Sikremut (Sistem Informasi Kereta Komuter), Info Angkot (daerah Bandung), JaveIt (kota-kota besar Jawa Barat). Anda juga dapat mencoba dipandu oleh Google Maps yang baru-baru ini telah melengkapi layanan pemetaannya tersebut dengan lebih dari 1 juta jadwal transportasi umum di seluruh dunia, termasuk Jakarta.
sumber : id.yahoo.com

Komentar

Postingan Populer